Mengenai Saya

Foto saya
klaten, jawa tengah
Paguyuban “Manunggal Jati” adalah komunitas pengrajin Mebel yang berada di Gadingwetan, Belangwetan Klaten Utara. berdirinya komunitas ini merupakan representasi dari terakumulasinya sekian banyak permasalahan yang dihadapi selama bertahun-tahun oleh pengrajin mebel khususnya di Belangwetan.

Minggu, 10 Oktober 2010

Diantara Harapan yag Tertunda


Sentra Industri merupakan salah satu mata rantai yang turut serta dalam menggerakkan roda perekonomian telah memberikan kontribusi yang nyata dan langsung kepada masyarakat dalam bentuk membuka lapangan kerja sehingga jumlah penggangguran yang semakin bertambah dapat teratasi secara nyata.

Pada saat ini jika dilakukan observasi langsung dilapangan maka pada masyarakat yang berada pada sentra industri tersebut pengangguran hampir tidak ada. Secara teknis mereka bisa menjadi bagian dari suatu proses produksi yang dihasilkan, mulai dari penyedia bahan baku, pengrajin, tukang, bagian finishing, marketing dan bahkan trader kepada buyer-buyer asing dan domestik. Tidak terkecuali bagi mereka yang tidak mempunyai skill dalam bidang mebeluer mereka bisa menjual alat-alat keperluan produksi, makanan, jahitan untuk jok dan lain sebagainya. Jadi kita tidak bisa memandang sebelah mata kepada para pelaku usaha di sentra industri.

Melihat sedemikian besar potensi yang dimiliki dan permasalahan yang dihadapi oleh sentra industri sebagaimana dipaparkan diatas maka Paguyuban “ Manunggal Jati “ hadir dengan mengakomodir berbagai persoalan yang dihadapi dengan harapan dengan adanya kelompok dalam sentra industri ini akan muncul suatu kekuatan untuk menghadapi persoalan secara bersama-sama. Misalnya salah satu solusi dari persoalan modal kerja adalah pada saat ini Paguyuban “ Manunggal Jati “ telah mempunyai koperasi secara intern karena belum berbadan hukum khusus untuk para anggota dengan prestasi yang memuaskan.

Selanjutnya kedepan kami sangat membutuhkan uluran tangan Pemerintah, swasta, pihak ketiga, maupun instansi terkait yang peduli dengan permasalahan yang kami hadapi untuk saling bekerjasama membangun networking yang lebih luas. Namun tidak hanya itu saja, pemerintah sudah semestinya ikut berperan aktif dalam membina sentra-sentra industri.

Secara khusus permasalahan yang saat ini dihadapi dan harus segera dicarikan jalan keluar adalah sebagaimana yang telah dipaparkan pada point Permasalahan diatas.


Oleh : UUN Reksobuwono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar