Mengenai Saya

Foto saya
klaten, jawa tengah
Paguyuban “Manunggal Jati” adalah komunitas pengrajin Mebel yang berada di Gadingwetan, Belangwetan Klaten Utara. berdirinya komunitas ini merupakan representasi dari terakumulasinya sekian banyak permasalahan yang dihadapi selama bertahun-tahun oleh pengrajin mebel khususnya di Belangwetan.

Sabtu, 09 Oktober 2010

Problematika Sentra Industri

Berbagai permasalahan yang timbul dikalangan sentra industri seringkali diabaikan padahal perkembangan sentra industri dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat dan ikut menggerakkan roda perekonomian di masyarakat atau setidaknya bisa mengurangi indek jumlah pengangguran di Indonesia.
adapun beberapa permasalaa yag dihadapi tersebut antara lain dapat dirumuskan sebagai berikut :

1.      Memerlukan dukungan dari pihak pemerintah, swasta atau instansi terkait melakukan exposisi terhadap keberadaan sentra industri sehingga akan terbuka pasar yang luas.
2.      Dalam rangka peningkatan hasil produksi perlu dilakukan pelatihan-pelatihan baik operasional pekerjaan maupun menegerial.
3.      Keterbatasan bahan baku yang semakin lama semakin habis harus diantisipasi dengan pendidikan dan pengetahuan mengenai alih tekhnologinya.
4.      Modal kerja sebagai penopang utama usaha supaya diupayakan adanya bantuan berupa Softloan dengan bunga rendah dan jangka waktu yang panjang.
Oleh : UUN Reksobuwono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar